Presiden FIFA asal Italia Buka Suara soal Potensi Timnas Italia Gantikan Iran di Piala Dunia 2022? : Okezone Bola

[ad_1]

PRESIDEN FIFA asal Italia, Gianni Infantino, enggan buka suara soal kabar yang mengatakan Timnas Italia bakal menggantikan posisi Iran di Piala Dunia 2022. Ia hanya mengaku sedih Timnas Italia gagal ambil bagian di Piala Dunia 2022.

Kegagalan Timnas Italia tampil di Piala Dunia 2022 mengejutkan banyak pihak. Pasalnya, Timnas Italia untuk pertama kalinya dalam sejarah tidak lolos ke Piala Dunia dalam dua edisi beruntun.


Timnas Italia

(Timnas Italia gagal lolos ke Piala Dunia 2022)

Sebelumnya, Timnas Italia juga absen pada Piala Dunia Rusia 2018. Kala itu, Italia dikalahkan Swedia dengan agregat 0-1 pada playoff Kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Eropa.

Gianni Infantino selaku Presiden FIFA berdarah Swiss-Italia juga turut bersedih. Tak tanggung-tanggung, ia sampai tidak bisa menahan tangis kala mengetahui Italia tidak lolos ke Piala Dunia dua kali beruntun.

“Saya benar-benar ingin menangis, untuk semua orang Italia, ini menyedihkan, ini adalah Piala Dunia kedua beruntun di mana Azzurri gagal ikut berpartisipasi,” kata Infantino dikutip kepada Rai Sport dilansir Goal International, Jumat (1/4/2022).

“Dan jika mereka gagal lolos ke Piala Dunia berikutnya, itu artinya mereka absen di Piala Dunia selama 12 tahun,” tambahnya.

Infantino kemudian mengenang masa di mana ia menyaksikan Timnas Italia saat kecil. Kala itu, Timnas Italia dihuni bintang-bintang legendaris, sebut saja Paolo Rossi dan Marco Tardelli.

Pada Piala Dunia 1982, Italia keluar sebagai kampiun usai menekuk Jerman Barat dengan skor 3-1. Masih jelas di ingatan Infantino kala dirinya menjerit histeris melihat skuad asuhan Enzo Bearzot mengangkat trofi Piala Dunia 1982.

See also  Pesepakbola Muslim Wesley Fofana Jalani Puasa di Laga Manchester United vs Leicester City, Rodgers: Dia Pemain Top!

Presiden FIFA Gianni Infantino

(Presiden FIFA, Gianni Infantino)

“Saya berpikir kembali ketika saya masih kecil, emosi menonton Piala Dunia 1978 dan 1982, inilah yang membuat Anda jatuh cinta kepada sepakbola,” tambahnya.

“Sedih bagi anak-anak Italia, tapi beginilah situasinya, dan hanya 32 negara yang bisa lolos untuk Piala Dunia yang untuk sekarang digelar setiap empat tahun sekali,” tutup Infantino.

Sempat beredar kabar Italia bakal menggantikan posisi Iran jika didiskualifikasi FIFA karena melarang 2.000 perempuan masuk ke stadion dalam laga Iran vs Lebanon. Namun, Anggota Komite Eksekutif (Exco) FIFA, Evelina Christillin membantah klaim di atas.

“Kami mengadakan pertemuan Exco FIFA pada Rabu di Qatar. Hari ini kami pun mengadakan kongres dengan semua perwakilan termasuk Iran. Kami tidak pernah membahas mengeluarkan Iran dari Piala Dunia,” kata Christilin mengutip dari Football Italia, Jumat (1/4/2022).

“Bahkan jika Iran dicoret, seharusnya tim Asia yang bakal menggantikannya. Mari kita singkirkan ide ini dari kepala kita bahwa Italia bisa lolos ke Piala Dunia 2022. Italia berharap dipanggil FIFA untuk tampil di Piala Dunia 2022 hanyalah utopia,” tutupnya.

[ad_2]