10 Aksi Gila Fans Bola di Dunia, Nomor 1 Gara-Gara Pemain Termahal Dunia

[ad_1]

SEBANYAK 10 Aksi gila fans bola di dunia akan dibahas dalam artikel ini. Fans atau penggemar merupakan elemen penting dalam pertandingan sepakbola.

Tanpa kehadiran suporter di tribun stadion, sebuah laga bak sayur tanpa garam. Namun, ada beberapa situasi di mana suporter melakukan aksi gila di stadion. Lantas, apa saja aksi gila fans bola yang menyita perhatian dunia?


Berikut 10 aksi gila fans bola dunia:

10. Invasi Lapangan Fans Skotlandia

Skotlandia vs Inggris

Skotlandia  mengalahkan Inggris dengan skor 2-1 di British Home Championship 1977. Hal itu menjadi pemicu aksi gila para penggemar Skotlandia.

Setelah peluit wasit dibunyikan tanda berakhirnya pertandingan, para penggemar melewati pembatas dan memenuhi stadion dengan selebrasi liar. Faktanya, beberapa penggemar sampai memanjat gawang!

9. Spanduk Selamat Datang di Neraka!

Galatasaray vs Manchester United

Pada November 1993, Manchester United berhadapan dengan klub Turki, Galatasaray, di babak kedua Liga Champions. 1993-1994. Sebelumnya, di babak pertama Manchester United mengalahkan wakil Hungaria, Honved, dengan agregat 5-3.

Ketika tandang ke markas Galatasaray, skuad Manchester United disambut spanduk horor dengan tulisan aneh. Tentu yang paling menonjol adalah spanduk dengan bacaan ‘Selamat Datang di Neraka’.

Spanduk itu dipajang di tribun stadion sepanjang pertandingan. Keadaan menjadi kacau setelah peluit akhir dibunyikan. Beberapa fans Manchester United dipukuli suporter Galatasaray dan ditangkap polisi.

Bagaimana dengan hasil pertandingan? Laga berakhir 0-0 dan Galatasaray berhak lolos ke perempatfinal. Meski agregat sama kuat 3-3, Galatasaray lolos ke perempatfinal karena unggul agresivitas gol tandang.

8. Hening dalam Keramaian

Derby Stockholm antara Djurgarden dan AIK pada 2011 dimulai dalam keheningan total selama 10 menit. Hal itu sebagai protes penggemar dari kedua belah pihak terhadap dehumanisasi media, otoritas, dan eksploitasi oleh klub mereka sendiri.

See also  5 Rahasia Terpendam Lionel Messi yang Jarang Diketahui Fans, Nomor 1 Mengejutkan

7. Ucapan Kontroversial Sepp Blatter

Sepp Blatter

Final cabang olahraga sepakbola putri di Olimpiade 2012 yang mempertemukan Amerika Serikat vs Jepang di Wembley, Inggris, dimeriahkan lebih dari 80.000 penggemar Namun, presiden FIFA saat itu, Sepp Blatter, berada di pihak yang salah. Komentarnya sebelum laga menjadi perhatian.

Saat itu, ia mengatakan pesepakbola wanita perlu mengenakan celana pendek yang lebih ketat supaya mereka lebih mudah untuk dipasarkan. Pernyataan itu membuat Sep Blatter dicemooh puluhan ribu suporter yang hadir di stadion. Ia dicemooh dan bahkan spanduk dikibarkan di kerumunan yang menjulukinya ‘Anak Perampok Keluarga Swiss’.

6. Borgol di Tiang Gawang

Pada 2012, Manchester City bermain melawan Everton di Goodison Park dan kalah 0-1. Ketika pertandingan berlangsung, seorang pengunjuk rasa bernama John Foley melompat dari kerumunan dan pergi ke tiang gawang kiper Manchester City, Joe Hart

Saat itu, ia memborgol dirinya sendiri. Pertandingan dihentikan selama 5 menit untuk memungkinkan Stewards mengeluarkannya dari lapangan.

5. Promosi Brighton & Hove Albion

Brighton & Hove Albion

Pada 2017, Brighton & Hove Albion finis kedua di klasemen akhir Divisi Championship 2016-2017. Alhasil, Seagulls –julukan Brighton– berhak promosi ke Liga Inggris 2017-2018.

Penantian selama 34 tahun akhirnya menjadi kenyataan. Ketika memastikan promosi pada pekan ke-43 atau kelar laga Brighton vs Wigan, suporter tuan rumah membabi buta dengan langsung menginvasi lapangan American Express Stadium.

4. Aksi Brutal Fans Galatasaray

Arsenal vs Galatasaray

Arsenal unggul 4-0 atas Galatasaray ketika laga matchday kedua Grup D Liga Champions 2014-2015 baru memasuki menit 52. Ternyata, hal itu membuat fans Galatasaray mengamuk.

Saat pertandingan berlangsung, fans Galatasaray frustrasi dan mulai melemparkan flare ke lapangan. Hal itu memaksa wasit untuk menghentikan pertandingan untuk sementara waktu. Bahkan kapten Galatasaray saat itu, Wesley Sneijder, harus turun tangan untuk menenangkan fans Galatasaray.

See also  10 Pemain Sepak bola Muslim Top yang Ikut Puasa Ramadhan 2022, Nomor 1 Baru Jadi Mualaf

3. Gelar Juara Liga Inggris 2021-2022

Manchester City

Manchester City menang 3-2 atas QPR, meski sempat tertinggal 1-2 jelang pertandingan memasuki masa injury time. Berkat menang 3-2, Manchester City juara Liga Inggris 2011-2012.

Meski koleksi poin mereka sama persis dengan Manchester United di posisi dua, Manchester City dinobatkan sebagai juara karena unggul selisih gol. Kelar laga, fans Manchester City sangat bersemangat dan langsung menyerbu lapangan. Trofi itu merupakan gelar pertama Manchester City di era Premier League.

2. Gol Troy Deeney

Troy Deeney

Pada 2013, Watford bermain melawan Leicester City di semifinal playoff Divisi Championship 2012-2013. Jelang menit akhir, Leicester City mendapatkan penalti.

Jika penalti itu bisa dikonversi menjadi gol, Leicester City bakal lolos ke final playoff. Meski kalah 2-3, Leicester City lolos karena unggul agresivitas gol tandang, mengingat mereka menang 1-0 di pertemuan pertama.

Namun, Leicester City gagal mengeksekusi penalti yang berujung pada serangan balik mematikan. Dalam serangan balik itu, Watford justru mencetak gol melalui Troy Deeney di masa injury time, tepatnya pada menit 90+7

Fans Watford pun merayakannya secara luar biasa. Para fans memenuhi stadion untuk merayakan kelolosan mereka ke final playoff karena menang agregat 3-2. Sayangnya, Watford gagal promosi karena kalah 0-1 dari Crystal Palace di final playoff.

1. Insiden Kepala Babi

Luis Figo

Dalam pertandingan El Clasico 2002 di Camp Nou, seorang penggemar Barcelona muak melihat mantan pemain mereka, Luis Figo, pindah klub ke Real Madrid. Kemudian, sang suporter menyelundupkan kepala babi ke dalam stadion dan melemparkannya ke lapangan saat Luis Figo bersiap melakukan tendangan sudut.

Saat itu, transfer Luis Figo dari Barcelona ke Real Madrid membuat pesepakbola asal Portugal itu berstatus sebagai pemain termahal di dunia. Keputusan hengkang ke Real Madrid merupakan keputusan tepat. Sebab, Figo terbukti berhasil memenangkan trofi Liga Champions, sesuatu yang gagal dilakukannya bersama Barcelona.

See also  Pesepakbola Muslim Wesley Fofana Jalani Puasa di Laga Manchester United vs Leicester City, Rodgers: Dia Pemain Top!

[ad_2]