AFC Gelar Liga Super Asia pada 2024-2025, Klub Indonesia Ikut Serta?

[ad_1]

KONFEDERASI Sepakbola Asia (AFC) berencana menggelar Liga Super Asia pada 2024-2025. Hal itu diungkap laman Twitter @theaseanball.

Menurut akun tersebut, AFC membentuk gugus tugas untuk mempelajari format turnamen baru yang kemungkinan bergulir pada 2024-2025. Kabarnya, akan ada 24 tim yang tampil di turnamen tersebut.


Liga Super Asia

Lantas, siapa saja tim yang bakal ikut serta di ajang tersebut? Tim-tim yang turun berasal dari negara-negara top Asia.

Sebut saja Uni Emirat Arab, Arab Saudi, Qatar dan Uzbekistan dari zona barat. Kemudian dari zona timur ada Jepang, Korea Selatan, China dan Australia.

Melihat data di atas, klub-klub Indonesia belum diizinkan ikut serta di ajang ini. Sebab, AFC untuk sementara mengikutsertakan delapan kompetisi top Asia dan Indonesia belum masuk daftar tersebut.

Ajang ini juga sangat menggiurkan dalam segi hadiah. Masih menurut sumber yang sama, klub juara bakal menerima USD14 juta atau sekira Rp201 miliar.


Nominal itu dua kali lipat dari total hadiah yang diterima juara Liga Champions Asia 2022. Tak hanya tim juara, tim yang tampil di Liga Super Asia pun bakal menerima uang tampil sebesar USD2 juta atau setara Rp28,7 miliar.

Bali United

(Bali United juara Liga 1 2021-2022)

Tentunya fakta di atas sangatlah unik. Di saat klub-klub Eropa kesulitan menggelar Liga Super Eropa, klub-klub Asia justru bakal tampil di Liga Super Asia.

Liga Super Asia dipercaya bakal bergulir karena dipegang langsung oleh AFC. Hal itu berbeda dengan Liga Super Eropa, yang mana dikelola petinggi klub bukan Konfederasi Sepakbola Erropa (UEFA). Karena itulah, Liga Super Eropa belum mendapat lampu hijau dari UEFA.

See also  Manchester United vs Leicester City: Rangnick Beberkan Kondisi Cristiano Ronaldo Dkk

[ad_2]