5 Pemain Sepak Bola Mualaf yang Pernah Membela Timnas Indonesia

[ad_1]

SEBANYAK 5 pemain sepak bola mualaf yang pernah membela Timnas Indonesia akan dibahas pada artikel ini. Ya, menjadi seorang mualaf bukan perkara mudah.

Sebab, seseorang yang pindah agama, harus diselimuti keyakinan penuh, sebelum memutuskan berpindah keyakinan. Akan tetapi, fakta menariknya ada sejumlah pemain sepak bola yang memutuskan hijrah memeluk agama Islam dan pernah membela Timnas Indonesia.


Lantas, siapa saja pemain yang dimaksud? Berikut 5 pemain sepak bola mualaf yang pernah membela Timnas Indonesia:

5. Cristian Gonzales

cristian gonzales

Di urutan kelima ada nama Cristian Gonzales. Ya, salah satu pemain naturalisasi ini diketahui sudah menjadi mualaf sejak 2003.

Ketika itu, ia masih membela PSM Makassar. Dirinya memutuskan hijrah setelah bertemu istrinya saat ini Eva Nurida Siregar.

Kiprah Gonzales di Timnas Indonesia sangat moncer. Namanya mencuat setelah berhasil membawa Timnas Indonesia menjadi runner-up Piala AFF 2010. Selama membela Timnas Indonesia (2010-2015) Gonzales sudah mencetak 28 gol dari 12 pertandingan.

4. Markus Haris Maulana

Markus Horison

Selanjutnya ada eks penjaga gawang Timnas Indonesia, yaitu Markus Horison. Ya, Markus sendiri diketahui sudah menjadi mualaf sejak 2004.

Ia pun diketahui sudah merubah namanya dan dikenal dengan nama Markus Haris Maulana. Pria 42 tahun ini membela Timnas pada periode 2007-2012 dengan catatan 37 pertandingan. Namanya dikenal berkat kepiawaiannya di bawah mistar gawang ketika Piala AFF 2010.

3. Diego Michiels

Diego Michiels

Bek sayap andalan Arema FC ini diketahui memeluk agama Islam sejak 2013. Dengan status mualafnya itu, Diego Michiels juga kerap mengisi Timnas Indonesia di jenjang kelompok usia 23 tahun maupun senior.

Pemain yang juga punya darah Belanda ini sudah mencatatkan 16 laga serta membawa Timnas Indonesia U-23 meraih perak pada SEA Games 2011 dan 2013. Sementara itu, untuk di level senior, Diego Michiels pernah bermain tiga laga pada 2012.

See also  Liga 1 2021-2022 Berakhir, Effendy Syahputra Minta PSSI Perbaiki Kualitas Wasit

2. Erol FX Iba

Erol FX Iba

Berikutnya ada Erol FX Iba. Bek kawakan asal Jayapura ini memang dikenal memliki ketangguhan dan berani di posisi tersebut.

Namun, belum banyak yang tahu, kalau Erol FX Iba merupakan seorang mualaf. Ya, ternyata, pemain 42 tahun ini sudah berpindah keyakinan ke agama Islam sejak 2002 silam, ketika membela Semen Padang.

Dirinya banyak membela Timnas Indonesia pada perioden 2006-2013. Selama membela Timnas Indonesia Erol FX Iba telah dipercaya bermain sebanyak 15 kali.

1. Esteban Vizcarra

Esteban Vizcarra

Di urutan pertama ada salah satu penggawa Persib Bandung. Ya, dia adalah Esteban Vizcarra, seorang pemain berdarah Argentina yang memutuskan untuk jadi mualaf pada 2012. Esteban mendapat status Warga Negara Indonesia (WNI) pada 2018.

Esteban sendiri sempat mencatatkan satu caps, ketika Timnas Indonesia menang 3-0 melawan Myanmar. Saat itu, tim Garuda sedang melakoni laga uji coba di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang. Hanya saja, sampai saat ini Esteban belum mendapatkan kesempatan lagi membela Timnas Indonesia.

[ad_2]