6 Cerita Hoax Terbesar di Dunia Sepak Bola, Nomor 1 Berkaitan dengan Cristiano Ronaldo

[ad_1]

6 cerita hoax terbesar di dunia sepak bola akan dibahas Okezone. Sebagaimana diketahui, hoax adalah berita palsu yang juga biasa hadir di dunia sepak bola.

Adanya hoax sangat meresahkan. Pasalnya, jika seseorang tidak jeli, mereka akan menelan mentah-mentah berita tersebut dan menyebarkannya ke orang lain. Tentunya, hoax membuahkan hal tidak baik.


Lantas, apa saja 6 cerita hoax terbesar di dunia sepak bola? Melansir dari Mirror, Jumat (1/4/2022), berikut ulasannya:

6. Arsenal Beli Pemain Fiksi

6 Cerita Hoax Terbesar di Dunia Sepak Bola

(Emirates Stadium, foto: Reuters)

Pada 2008, berita hoax menyasar Arsenal. Tersiar sebuah kabar, Arsenal berada di garis terdepan untuk mendapatkan pemain asal Moldova, Masal Budguv. Bahkan, nama tersebut disebut masuk ke dalam 50 Top Rising Star versi koran nasional negaranya. Ternyata, Masal Budguv hanyalah hoax yang diciptakan oleh Irlandia untuk menyindir adanya transfer pemain modern yang dirasa tidak masuk akal.

5. Diego Maradona Pindah ke Spartak Moskow

6 Cerita Hoax Terbesar di Dunia Sepak Bola

(Diego Maradona, foto: Reuters)

Pada akhir era 1980-an, sebuah kabar dari sebuah koran terpercaya di Uni Soviet, Izvestia, mempublikasikan transfer Diego Maradona dari Napoli ke Spartak Moskow. Berita menghebohkan itu ternyata hanya sebuah lelucon April Mop.

4. Fans Sok Tahu

6 Cerita Hoax Terbesar di Dunia Sepak Bola

(Logo Chelsea, foto: Reuters)

Fans biasanya akan merasa bangga jika tahu seluk-beluk klub idolanya. Ini juga terjadi pada sejumlah fans Chelsea. Mereka dengan yakin memberikan komentar soal lima pemain muda yang kabarnya menjadi incaran Chelsea. Lima pemain muda ini adalah Liam Yang, Win Nowt, Win Ding Youup, Deanio, dan Lugi Bell.

Sejumlah fans Chelsea ini mengklaim mengetahui talenta-telenta muda yang dikabarkan sedang menjadi incaran Chelsea itu. Mereka pun menjelaskan profil lima pemain muda itu, seakan sangat memahami karier para talenta muda tersebut. Akan tetapi, lima pemain muda itu ternyata hanya rekaan.

See also  Jalani Puasa Ramadan Jauh dari Keluarga, Asisten Bule Shin Tae-yong Galau

3. Timnas Bahrain Kalahkan Timnas Togo Palsu

Pada 201, Timnas Bahrain mengalahkan Timnas Togo dengan skor 3-0. Timnas Bahrain justru merasa kemenangan ini sangat mudah. Usut punya usut, ternyata semua pemain Timnas Togo palsu semua.

Hal ini ternyata diorganisir oleh Pelatih Timnas Togo, Bana Tchanile. Ia melakukan ini sebagai bentuk protes karena minimnya kesempatan bagi pemain muda untuk main bersama Timnas Togo.

2. Ali Dia Sepupu Palsu George Weah

6 Cerita Hoax Terbesar di Dunia Sepak Bola

(George Weah, foto: Irishtimes)

Hoax lainnya terjadi pada 1996 yang melibatkan klub Inggris, Southampton. Bermula dari seorang bernama Ali Dia yang gagal bergabung dengan klub Port Vale dan Gillingham, lalu ia menyuruh seseorang untuk berpura-pura sebagai George Weah dan mengaku-ngaku memiliki sepupu bernama Ali Dia yang merupakan pemain Internasional Liberia.

Kala itu, Weah palsu menelpon bos Southampton, Graeme Souness, dan meyakinkannya untuk mengambil Ali Dia. Sayangnya, Souness menelan mentah-mentah berita tersebut. Kebohongan terbongkar saat Souness menurunkan Ali Dia pada pertandingan melawan Leeds United, tetapi setelah beberapa menit Ali Dia ditarik kembali karena permainan buruknya.

1. Cristiano Ronaldo Bela Timnas Spanyol

6 Cerita Hoax Terbesar di Dunia Sepak Bola

(Cristiano Ronaldo, foto: Reuters)

Kabar hoax selanjutnya terjadi pada 2011 yang melibatkan Cristiano Ronaldo. Megabintang Portugal itu dikabarkan akan bermain untuk Spanyol. Dia akan ditransfer dari Portugal ke Spanyol dengan mahar 160 juta poundsterling (sekira Rp3 triliun).

Kala itu, Ronaldo disebut sebagai pahlawan karena bersedia membantu Spanyol demi melunasi hutang negaranya. Akan tetapi, kabar itu ternyata hoax.

[ad_2]